♥ Selamat Datang! Blog Ini Menyajikan Pengaruh-Pengaruh Pertambahan Penduduk Di Indonesia♥
Wahyu E. Saputra
Diberdayakan oleh Blogger.

Jumat, 17 Juni 2016

Tag:

PENGARUH PERKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI TERHADAP POLA HIDUP MANUSIA


Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dewasa ini juga turut mempengaruhi pola kemasyarakatan yang selanjutnya berdampak terhadap peradaban manusia. Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, terutama bidang teknologi informasi dan komunikasi yang dicapai pada pertengahan abad ke-20, yang memungkinkan arus informasi menjadi serba lebih cepat. Informasi pun dapat diakses kapanpun dan dimanapun, dari belahan dunia manapun tanpa terbatas ruang dan waktu.
Perkembangan teknologi yang kian pesatnya telah membawa manfaat luar biasa bagi kemajuan peradaban umat manusia. Pekerjaan yang sebelumnya menuntut kemampuan fisik cukup besar, sekarang relatif sudah bisa digantikan oleh perangkat mesin-mesin otomatis, didukung dengan sistem kerja robot yang telah mengalihfungsikan tenaga otot manusia dengan kapasitas dan kecepatan yang luar biasa. Begitu juga dengan hadirnya formula baru kapasitas komputer seolah mampu menggeser posisi kemampuan otak manusia dalam berbagai bidang ilmu dan aktivitas manusia.
Kemajuan ilmu pengetahuan telah diakui dan dirasakan manfaatnya, memberikan banyak kemudahan dan kenyamanan bagi pola hidup manusia. Berikut merupakan pengaruh sains dan teknologi terhadap pola pikir masyarakat :
  1. Pengaruh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terhadap pola hidup Alienasi (Keterasingan Manusia), keadaan ini melandasi manusia merasa asing dengan budayanya sendiri yang telah membentuk identitas sosialnya.
  2. Pengaruh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terhadap pola hidup Heteronomi, dimana dalam bertindak manusia hanya sekedar mengikuti aturan moral.
  3. Pengaruh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terhadap pola hidup masyarakat Hegemoni, dimana dominasi suatu kelompok terhadap kelompok lain dengan atau tanpa ancaman kekerasan.
  4. Pengaruh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terhadap pola hidup Hedonisme, dimana tujuan hidup hanya untuk kesenangan dan kenikmatan.
Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, telah memberi pengaruh yang sangat besar pada setiap lini kehidupan umat manusia di dunia. Sebuah arus perubahan zaman yang sudah tak dapat dibendung lagi, arus kemajuan teknologi menerjang laksana ombak yang menarik siapa saja kedalam pusarannya.
Perubahan pola hidup manusia sudah tak bisa dipungkiri lagi, pelan namun pasti yang merubah tatanan budaya lokal, merubah tata nilai sosial kependudukan, menggeser norma-norma kemasyarakatan. Dan salah satu sisi hitam perubahan zaman adalah perilaku manusia yang semakin mendewakan materi, inilah yang dinamakan pola hidup hedonisme di mana kesenangan dan kenikmatan menjadi tujuan utama.

About @mas_wah

Hai Perkenalkan, nama saya Wahyu yang lebih akrab dipanggil mas wah, saya hanya mahasiswa tingkat akhir yang nimburg di beberapa organisasi dan komunitas, dan juga perlahan peduli dengan isu-isu sosial dan mencoba menuliskan di personal blog saya.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Ads

Wahyu E. Saputra