♥ Selamat Datang! Blog Ini Menyajikan Pengaruh-Pengaruh Pertambahan Penduduk Di Indonesia♥
Wahyu E. Saputra
Diberdayakan oleh Blogger.

Jumat, 17 Juni 2016

Tag: ,

PERLUNYA MENJAGA KELESTARIAN ALAM DAN KESEIMBANGAN LINGKUNGAN


Indonesia merupakan negara kaya dengan jumlah penduduk terbanyak ke-4 didunia, Indonesia memang terkenal penuh dengan keanekaragaman hayati dan sumber daya alam yang melimpah. hal ini dikarenakan posisi Indonesia yang sangat strategis diapit antara dua benua dan dua samudera.
Data sensus terakhir, penduduk Indonesia tahun 2010 mencapai 237,6 juta jiwa dan ini akan diperkirakan terus mengalami pertambahan sekitar 3 sampai 4 juta jiwa per tahunnya, hal ini yang menjadi penyebab Indonesia sebagai pemilik penduduk terbanyak ke-4 di dunia.
Kependudukan merupakan masalah yang serius, tidak hanya di Indonesia, bahkan hampir negara- negara di seluruh dunia, tidak juga hanya pada negara berembang tetapi fenomena ini terjadi pada negara-negara maju, fenomena ini akan mempengaruhi banyak aspek kehidupan manusia di antaranya adalah lingkungan dan alam.
Menurut data UNFPA tahun 2011, populasi dunia sedang berkembang sekitar 1,5 % setiap tahun, dan secara kasar bertambah 90 juta jiwa setiap tahunnya. Pada tahun 2011, populasi dunia telah berjumlah 7 milyar jiwa, dan diperkirakan pada tahun 2050, penduduk dunia diperkirakan akan meningkat lebih dari 9,3 milyar.
Indonesia memang terkenal dengan sumber daya alam yang melimpah, sumber daya alam di negeri ini sebagai anugerah dari tuhan yang memberikan manfaat sangat besar bagi manusia. Tanpa sumber daya alam tentunya manusia tidak dapat memenuhi berbagai kebutuhan dan aktivitas. oleh sebab itu, pemanfaatan sumber daya harus tepat sasaran demi kesejahteraan rakyat tanpa merusak keseimbangan dan kelestarian lingkungan.
Keberadaan dan tersedianya sumber daya alam yang tidak merata baik secara kualitas maupun kuantitas, sedangkan kebutuhan sumber daya untuk kegiatan pembangunan semakin meningkat, berpotensi mengakibatkan terjadinya pencemaran dan kerusakan lingkungan. Kondisi ini dapat mengakibatkan daya tampung dan produktivitas lingkungan hidup menurun dan akhirnya menjadi beban sosial.
Pembangunan merupakan salah satu faktor penunjang kesejahteraan masyarakat, disisi lain pembangunan menyebabkan masalah lingkungan yang berkepanjangan. Seperti di kota saya Lamongan, pembangunan pabrik-pabrik baru turut serta menyumbangkan dampak negatif terhadap ketahanan pangan. Dikarenakan, pembangunan pabrik dibangun di atas tanah persawahan dan pertanian, yang beberapa saat lalu menjadikan Lamongan sebagai penghasil padi dan ikan terbesar di Jawa timur.
Kehadiran perusahaan-perusahaan ini akan mengakibatkan terjadinya migrasi penduduk dari luar daerah untuk mencari pekerjaan. Dampaknya, migrasi penduduk akan dirasakan oleh daerah asal maupun daerah tujuan, yang akan mengakibatkan perubahan struktur penduduk pada kedua daerah tersebut.
Dampak perubahan struktur penduduk dari peningkatan penduduk yang diakibatkan oleh migrasi akan menimbulkan masalah di antaranya :
  1. Berkurangnya lahan produktif dan alih fungsi lahan, seperti sawah dan perkebunan karena dialih fungsikan sebagai pemukiman
  2. Menyempitnya tanah pertanian di wilayah tersebut
  3. Bertambahnya produksi sampah rumah tangga
  4. Pencemaran air dan pencemaran udara
  5. Berkurangnya daerah resapan air
  6. Berkurangnya ruang terbuka untuk bermain bagi anak-anak
  7. Pemanasan global dan perubahan iklim
Kondisi di atas sudah menjadi tanda bahwa keseimbangan lingkungan dan kelestarian alam dipengaruhi oleh pertambahan penduduk.
Oleh karena itu, mari kita jaga kelestarian alam mulai dari pribadi kita masing-masing, karena lingkungan yang kita jaga kelestariannya akan kita wariskan bagi generasi penerus yang akan melanjutkan usaha kita untuk melestarikan alam ini.

About @mas_wah

Hai Perkenalkan, nama saya Wahyu yang lebih akrab dipanggil mas wah, saya hanya mahasiswa tingkat akhir yang nimburg di beberapa organisasi dan komunitas, dan juga perlahan peduli dengan isu-isu sosial dan mencoba menuliskan di personal blog saya.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Ads

Wahyu E. Saputra