♥ Selamat Datang! Blog Ini Menyajikan Pengaruh-Pengaruh Pertambahan Penduduk Di Indonesia♥
Wahyu E. Saputra
Diberdayakan oleh Blogger.

Jumat, 17 Juni 2016

Tag:

TINGKAT KUALITAS PENDUDUK DAN LINGKUNGAN MEMPENGARUHI KESEJAHTERAAN MASYARAKAT


Indonesia terkenal dengan sumber daya dan keanekaragaman hayati yang melimpah, sayangnya penduduk Indonesia belum mampu memanfaatkan  dan mengelola keberadaan sumber daya alam untuk kesejahteraannya dengan baik. Jika penduduk Indonesia dapat memanfaatkan dan mengelola sumber daya dengan baik untuk kesejahteraan masyarakat, maka kualitas lingkungan hidup akan terpelihara dan berkembang dengan baik pula. Nantinya, lingkungan yang baik akan memberikan dampak yang baik pula pada manusia itu sendiri.
Dari prolog di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa ada hubungan yang sangat erat antara lingkungan  dengan manusia (penduduk). Lingkungan memberikan arti penting bagi manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, lingkungan dapat memberikan sumber kehidupan agar manusia tetap bisa bertahan hidup.
Hubungan manusia dengan lingkungan terkandung beberapa nilai yang menunjukkan bahwa manusia dan lingkungan adalah satu kesatuan yang tak dapat dipisahkan di antaranya :
  1. Nilai ekonomi bisa dilihat dari sifat manusia yang mengambil penghasilan dari alam, memperluas lapangan kerja, dll.
  2. Nilai mental spiritual bisa dilihat dari lingkungan yang bisa menambah rasa keagungan kepada manusia untuk lebih mendekatkan diri kepada Tuhan
  3. Nilai ilmiah terlihat dari lingkungan bisa menjadi objek penelitian dan pengembangan sains dan penelitian ekologi
  4. Nilai budaya terlihat dari lingkungan yang memberikan kenyamanan dan kebanggaan tersendiri bagi manusia penghuninya
Oleh karena itu, pengelolaan lingkungan hidup dirasa sangat penting karena didalamnya memiliki unsur dalam pemeliharaan, penataan, pengawasan, pengendalian, pemanfaatan,  pemulihan dan pengembangan lingkungan hidup.
Pengelolaan lingkungan hidup memiliki tujuan sebagai berikut :
  1. Mencapai kelestarian hubungan manusia dalam lingkungan hidup sebagai tujuan membangun manusia seutuhnya
  2. Mengendalikan pemanfaatan sumber daya secara bijaksana
  3. Mewujudkan manusia sebagai pembina lingkungan hidup
  4. Melaksanakan pembangunan berwawasan lingkungan untuk generasi yang akan datang
  5. Melindungi negara terhadap dampak kegiatan di luar negara yang menyebabkan kerusakan dan pencemaran lingkungan
Penurunan kualitas lingkungan hidup di Indonesia sebanding dengan penurunan kualitas penduduk. Dewasa ini memang timbul akan kesadaran lingkungan hidup dari pihak pemerintah, LSM maupun masyarakat itu sendiri untuk bersama berupaya melindungi sumber daya alam yang masih ada serta berupaya memperbaiki lingkungan yang rusak.
Selain itu, peran aktif masyarakat juga harus ditingkatkan dalam pengelolaan lingkungan hidup dan membina pengetahuan serta kemampuan, sehingga upaya penataan lingkungan hidup sekaligus di ikuti dengan upaya peningkatan kualitas penduduk baik aparatur maupun masyarakat, karena lingkungan hidup dan kualitas penduduk adalah mata rantai ekosistem yang tidak dapat dipisahkan. Keduanya saling melengkapi dan saling membutuhkan serta saling menyempurnakan satu sama lain. Dan apabila merusak salah satunya akan berakibat fatal pada yang lainnya. Hal ini berarti, jika kualitas penduduk ditingkatkan maka dapat dipastikan kualitas lingkungan akan turut meningkat, begitu juga sebaliknya, jika kualitas penduduk diabaikan maka akan berakibat fatal pada lingkungan secara keseluruhan.

About @mas_wah

Hai Perkenalkan, nama saya Wahyu yang lebih akrab dipanggil mas wah, saya hanya mahasiswa tingkat akhir yang nimburg di beberapa organisasi dan komunitas, dan juga perlahan peduli dengan isu-isu sosial dan mencoba menuliskan di personal blog saya.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Ads

Wahyu E. Saputra