♥ Selamat Datang! Blog Ini Menyajikan Pengaruh-Pengaruh Pertambahan Penduduk Di Indonesia♥
Wahyu E. Saputra
Diberdayakan oleh Blogger.

Jumat, 17 Juni 2016

Tag: ,

PENTINGNYA PERILAKU HIDUP BERWAWASAN KEPENDUDUKAN


Indonesia saat ini dihadapkan dengan masalah yang sangat serius, mulai jumlah penduduk, lingkungan hidup, ekonomi, tingkah laku dan budaya masyarakat. Dalam upaya menumbuhkan mentalitas masyarakat yang peduli terhadap keseimbangan lingkungan hidup dan kelestarian alam. Diperlukan sebuah tindakan yang nyata untuk merubah pola pikir masyarakat, salah satunya diperlukannya sebuah pendidikan tentang wawasan kepada masyarakat yang berorientasi kependudukan.
Wawasan kependudukan kepada masyarakat sebagai suatu proses pendidikan, yang ditekankan pada nilai-nilai kependudukan dan informasi masalah kependudukan dengan harapan mengubah sikap dan mental masyarakat kepada hal-hal yang positif dalam menanggulangi masalah kependudukan.
Seperti apa yang diuraikan oleh Sumaatmadja, “pendidikan kependudukan ditekankan terhadap informasi masalah kependudukan dengan tujuan mengubah sikap mental masyarakat ke arah yang lebih positif dalam menanggulangi masalah kependudukan (Sumaatmadja, 2001)”. Dikarenakan masalah kependudukan sangat berdampak terhadap keseimbangan lingkungan dan kelestarian alam, pemahaman terhadap wawasan kependudukan ini dinamai PHBK (Perilaku Hidup Berwawasan Kependudukan).
Pada tahun 2011 pemerintah melalui Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) mencanangkan program Perilaku Hidup Berwawasan Kependudukan atau PHBK, program tersebut memiliki 10 hal penting yang perlu diterapkan oleh setiap individu, 10 point tersebut adalah :
  1. Penundaan usia perkawinan, laki-laki minimal 25 tahun dan perempuan 20 tahun
  2. Memiliki 2 anak cukup
  3. Pengaturan jarak kelahiran
  4. Penggunaan alat kontrasepsi
  5. Usaha ekonomi keluarga
  6. Persalinan ditolong oleh tenaga medis
  7. Pelaporan setiap kelahiran, kematian dan perpindahan
  8. Keluarga ramah anak dan lingkungan
  9. Keluarga berkarakter
  10. Keluarga peduli pendidikan
Perilaku Hidup Berwawasan kependudukan merupakan upaya memberdayakan  anggota keluarga dan masyarakat agar peduli, mau dan mampu mengimplementasikan sikap dan perilaku tentang kehidupan berwawasan kependudukan, serta berperan aktif dalam gerakan Keluarga Berencana (KB).

About @mas_wah

Hai Perkenalkan, nama saya Wahyu yang lebih akrab dipanggil mas wah, saya hanya mahasiswa tingkat akhir yang nimburg di beberapa organisasi dan komunitas, dan juga perlahan peduli dengan isu-isu sosial dan mencoba menuliskan di personal blog saya.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Ads

Wahyu E. Saputra